Selasa, 14 Januari 2014

Es Pisang Ijo Pemuda

Dari dulu es pisang ijo selalu ada di daftar es favorit Saya. Kali ini Saya akan mereview Es Pisang Ijo Pemuda di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Es pisang ijo adalah kudapan manis yang berasal dari Makassar. Biasanya es pisang ijo disajikan hanya sebagai pendamping coto Makassar dan iga bakar. Jika di Jakarta, es pisang ijo justru disajikan sebagai camilan, dan biasanya hanya dimakan saat siang hari untuk pelepas dahaga. Persis seperti aneka jenis es campur lainnya.
Untungnya tidak perlu jauh-jauh ke Makassar, cukup datang ke Kelapa Gading Anda langsung bisa mencicipi es khas Makassar ini. Sesampainya disana, Saya sudah tidak sabar untuk mencicipi es pisang ijo karena sudah lama sekali tidak menikmati es yang segarnya dapat menghilangkan dahaga.
Disana ruangannya yang tidak begitu luas hanya terdapat beberapa meja dan bangku. Disisi kirinya depan terdapat etalase kaca untuk meracik es pisang ijo dan meja kasir di sebelahnya. Langsung saja seporsi es pisang ijo (Rp. 20.000) dipesan.
Hanya beberapa menit saja es pisang ijo sudah tersaji di meja. Warna pisangnya kehijauan sangat cantik sekali. Ditambah lagi disajikan di dalam mangkuk kaca transparan sehingga paduan tiga warna yaitu merah, hijau dan putih terlihat jelas. 
Pisangnya dibalut dengan adonan berwarna hijau, ditaruh di atas bubur sumsum yang putih mulus. Sebagai sentuhan akhir ditambahkan es serut, susu kental manis dan sirup merah. Adonan berwarna hijau ini beraroma wangi pandan, dan adonan tepung beras yang membalut pisang ditambahkan air daun pandan serta daun suji sehingga menimbulkan aroma yg wangi. 
Kelembutan adonan yang beradu dengan empuknya legit pisang raja yang jadi isiannya. Es serut yang menutupi permukaan pisang mulai mencair dan bercampur dengan bubur sumsum yang gurih mulus juga sirup merah. Hmm..paduan tekstur lembut, manis dan dinginnya sangat pas :) Yuk cobain!

Es Pisang Ijo Pemuda
Jl. Boulevard Raya Bl FY 1 No. 4 Kelapa Gading, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar